Thursday, June 25, 2009

Michael Jackson "King of Pop"



Hey...


Hari ini gue gak mood nyapa, gatau deh ga mood aja. Sebenernya gue mau nge-post tentang jalan-jalan gue kamis tanggal 25 kemaren, tadinya sih. Cuman sekarang gue ganti topic dulu ya.

Pagi 3 hari yang lalu (26-06-09), tepat setelah gue mengakhiri membangun pulau dengan mimpi-mimpi, gue buka laptop, gue online dan mendapati kabar:

"Michael Jackson, The King of Pop has gone forever."

Ohmygodwhathefuck! Gue kaget setengah mati, hati gue shock, berguncang rasanya kayak kena gempa bumi sebesar 20 skala ritcher atau kena aliran listrik 100 giga watt! Gue nganga aja kaget. Gila! Sang legenda yang kemaren keliatan sehat dan semangat mau nyelenggarain konser 50 tahun dia, tiba-tiba hari itu udah gak bernafas, kaget banget... gue ga bisa percaya. Bahkan butuh kurang lebih 3 hari untuk nyelesain post ini saking gue masih shocked dan ga percaya.

Michael Jackson
atau dikenal dengan nama MJ meninggal pada hari Kamis, 25 Juni 2009 pukul 14:26 (Waktu AS) dalam usia 50 tahun yang katanya akibat serangan jantung yang tiba-tiba. Banyak yang bilang kalau dia itu lagi stress sehingga memancing serangan jantung datang, yeah no one know what really happens, accept MJ and God, yup it's still mistery...

Michael lahir dengan nama Michael Joseph Jackson pada tanggal 29 Agustus 1958 di Gary, Indiana, USA. MJ mulai bernyanyi waktu umur 5 tahun bergabung dengan 4 kakaknya dan terbentuklah Jackson 5. Lalu karir solo-nya berawal pada tahun 1979. Michael bukan cuma seorang entertainer biasa, dia juga mencapai 'life achievements' dengan berbagai awards. He's one of unforgettable icon, dia menciptakan berbagai hal baru. Moonwalk, itu salah satu trademark dia. Tau kan dance keren yang bergaya seakan jalan di atas bulan, pasti akan selalu diingat semua orang. Setiap orang yang melihat orang melakukan dance moonwalk pasti bilang "wih keren itu kayak michael jackson kan?" dan jangan asal aja, moonwalk itu susah banget harus bener-bener bisa biar sempurna.

Little Michael

Lagu solo pertama MJ adalah Got To Be There pada saat dia kecil. Michael yang sudah remaja membuat album solo pertamanya, yaitu Off The Wall pada tahun 1979 dan lagunya masuk ke top chart music selama 84 minggu! Sayangnya, album Off The Wall tidak menang menjadi album terbaik tahun itu, karena itu MJ berusaha untuk lebih bagus di album berikutnya. Hasilnya? Album solo kedua bertitel Thriller pada 1982 disebut-sebut sebagai album paling laris sepanjang masa di AS. dengan hit single terlaris "Thriller", "Billie Jean"-dimana pertama kali dia menampilkan moonwalk, "Beat It" dan lagu lainnya. Lima tahun kemudian, Bad terjual 22 juta kopi dan tour album Bad menjadi tour paling sukses dan terhebat. Pada 1991, dia meneken kontrak 65 juta dollar AS dengan Sony. MJ makin terkenal setelah memiliki The Walt Disney Co pada 1986. Salah satu langkah bisnis paling cerdas diambil MJ ketika mengakuisi ATV Music. Perusahaan ini memiliki hak cipta lagu-lagu yang ditulis pentolan The Beatles, John Lennon dan Paul McCartney. Album keempat MJ adalah Dangerous yang dirilis pada tahun 1987 dengan hit single-nya: "Black or White", "Remember The Time", "Jam", "Heal The World", "In The Closet" dan banyak lagi. Album ke-5 MJ yaitu, HIStory tahun 1995 yaitu album yang terdiri atas 2 chapter, yaitu HIStory 1; Past, Present & Future dengan hit single "Scream" featuring Janet Jackson, adik dari Jacko (video clip "Scream" terkenal sebagai video clip yang paling banyak mengeluarkan biaya), "You're not alone", "Childhood" Jacko mengaku lagu "Childhood" ini adalah satu-satunya lagu yang benar-benar dari pengalaman dan jujur dan masih banyak hit lainnya. Chapter 2 yaitu HIStory 2; Blood On The Dance Floor dengan hit single "Blood On The Dance Floor", "Ghosts" dan lain-lain. Album terakhirnya berjudul Invincible pada tahun 2001 dengan lagu andalan "You Rock My World" dan "Cry".


"Thriller"

"BAD"

Walaupun gitu dia juga mengalami berbagai masalah seperti 2 kali rumah tangganya tidak berjalan mulus yaitu dengan Lisa Marie Presley (putri Elvis Presley) dan kedua dengan Debby Rowe (seorang perawat kulit).

Dia juga bikin trademark dalam dunia fashion, dia adalah orang pertama yang memperkenalkan glove sebagai aksesoris. Ya sarung tangan emang biasa tapi kalo makenya cuma sebelah? Dialah yang pertama. Dia juga cowok pertama yang mentenarkan kaus kaki putih, maksudnya? Ya jadi dulu tuh cowok pake kaus kaki putih cuma kalo olahraga, selebihnya dipake cewek dan anak-anak sehari-hari. Semenjak dia pake, ya kaus kaki putih jadi unisex deh. Tau topi Fedora kan? Yup, dia juga yang mentenarkan topi itu dan masih banyak lagi. Banyak artis yang ngikutin style dia dan memandang juga menjadikan dia Role Model. He really influences people. Popularitas dalam musiknya naik saat ditayangkan di MTV, antara lain "Beat It", "Billie Jean" dan "Thriller" dianggap telah mengubah video klip menjadi sebuah bentuk karya seni dan sebagai alat promosi untuk mempopulerkan sebuah channel tv. Julukan King of Pop adalah julukan dari Elizabeth Taylor pada tahun 1989. Semenjak itu semua orang menjulukinya King of Pop.


The Man with the Glove (what an icon)

With his Fedora Hat on Smooth Criminal (Gravity Defying Lean)

Kalau kita liat kenapa raut muka MJ selalu sedih ya? Mungkin karena tuduhan pedofil dan dia terus-terusan dihina, diejek, digosipin yang gak bener, diadili cuman karena kulitnya dari hitam ke putih. Banyak orang yang ngejek/ngehina: "Ih si Michael Jackson mukanya aneh parah udah kayak apaan tau lagian dia operasi plastik ih jijik jelek banget HAHAHA" atau "Idih serem udah kayak setan mana pedofil huek najis gue", juga menghina lagu Black or White, selalu membuat jokes keterlaluan tentang dia dan hinaan lainnya, kalo gue tanya, tau ga kenapa dia bisa putih kayak gitu? Banyak orang bilang kalau MJ ingin jadi white person dan malu jadi negro, dan setelah gue gali-gali info dan search semua tentang MJ, pernyataan tadi itu bener-bener salah, kalau kalian mau ngerti mau tau dan cari info tentang MJ pasti kalian ga akan kemakan gosip 'keterlaluan' yang sangat nonsense. Kebenarannya adalah bahwa Michael Jackson mengidap kanker kulit dan penyakit bernama vitiligo, apa tuh vitiligo? Setelah gue cari tau, inilah hasilnya:

"Vitiligo adalah suatu kelainan pigmentasi, dimana melanosit (sel-sel penghasil pigmen warna kulit) pada area tertentu rusak dan hilang. Penyebab terjadinya vitiligo masih belum diketahui secara pasti, namun ada dua teori yang paling kuat tentang penyebabnya yaitu faktor genetika, dan juga adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan sel-sel tubuh menyerang sel tubuh itu sendiri (penyakit autoimun."

"Penyakit yang disebabkan oleh genetika ataupun gangguan autoimun sayangnya tidak dapat disembuhkan, karena penyebabnya dari dalam tubuh sendiri. Namun begitu tidak usah kuatir karena vitiligo cenderung tidak berbahaya, hanya dampak estetika saja yang terganggu karena adanya perbedaan warna kulit di area tertentu. Walau demikian, pada kebanyakan kasus, Vitiligo bisa menimbulkan masalah bagi kepercayaan diri sang penderitanya, misalnya pada orang-orang dengan area vitiligo yang lebih dari 50% permukaan tubuhnya, atau pada wanita, sehingga penderita Vitiligo pun perlu perhatian dan dukungan dari kerabat dan teman-teman terdekat."

Daripada harus memiliki kulit belang-belang dan apalagi MJ adalah seorang ICON, MJ memutuskan untuk mengikuti saran seorang dokter yaitu merubah warna kulitnya menjadi putih sama rata dengan yang lain. Keputusan MJ itu normal karna punya kulit belang itu gak gampang dan pasti malu. Bisa dibilang selama ini kita semua menghina MJ karena dia punya Kanker Kulit. Wow, hebat bener kita, TWO THUMBS UP!

Banyak orang juga mengejek dia karena dia melakukan banyak operasi plastik di hidung dia, cuma mau ngasih tau bahwa sebelum bertindak tolong dipikir dulu deh karena dia melakukan operasi plastik di hidung itu ada alasannya, dan menurut gue masuk akal. Joe Jackson, ayah MJ yang terkenal sangat disiplin dan keras pada MJ mengejek dan memberi julukan MJ "Big Nose" karena MJ berhidung besar dan terus mengejek MJ big nose big nose big nose... Bayangin ayah kalian yang seharusnya mendukung, memberi solusi, membantu malah menghina kalian hanya karena kamu punya kekurangan dan itu alami sejak kecil. Misalkan kalian buta, emang mau kalian dipanggil ayah kandung sendiri "eh buta" gitu? Pasti sakit hati dan sangat sedih. Itu yang dirasain MJ sebelum mengoperasi hidungnya. Banyak orang yang jika mengalami sama hal dengan MJ pasti akan memusuhi atau menjauhi ayah mereka malah mungkin yang tidak tahan akan memutuskan hubungan keluarga. MJ dihadapkan pada pilihan sulit. Dia dilemma. Dia tidak mau ayahnya menghina dia, membenci dia dan terus-terusan sakit hati. Sehingga dia mau saja mengoperasi hidungnya hanya agar ayahnya behenti menjulukinya big nose. Tapi dia harus terima dan sabar bila orang-orang menggosipkan hal buruk atau lainnya. After all, his father is more important for him than his fans, his father is the one who raised him till' he became a legend.

Kabarnya ada kemungkinan MJ akan diotopsi, gue kurang setuju karena ya kalaupun ketahuan siapa yang telah tega ngebunuh Raja Pop Legendaris kita ini,
that won't bring Michael to life again. So why don't we let him go with happiness? Biarkan dia tenang diatas sana melihat bahwa di dunia semua menghormatinya dan menghargai apa yang telah iya lakukan. Tapi itu hak keluarganya, kalau iya sampai diotopsi, gue kepikiran buat jadi dokter otopsi, kali aja nanti gue ngotopsi legend lainnya yang meninggal misterius... (bukan rhoma irama! tapi legend luar negri!) ;)


Michael J. always give his best performances

Tau dong issue Michael yang katanya melakukan pelecehan seksual pada Jordan Chandler, anak laki-laki berumur 13 tahun pada tahun 1993? Itu berita yang menghebohkan seluruh dunia. Katanya Jordan main ke Ranch kepunyaan MJ dan disitu dia dilecehkan. Siapa sangka seorang artis berhati mulia yang telah menyumbang banyak ke lebih dari 39 charity dan mendapat record dunia bisa melakukan hal itu? Ada yang gak percaya dan banyak yang percaya. Lagi-lagi ada bahan untuk menghina Michael. Ayah dari Jordan (Evan Chandler) menuntut dan memeras MJ. Akhirnya Michael memberi Evan Chandler uang sebesar 22 juta US Dollar bukan karena dia mengaku salah tapi karena dia mengalah dan ingin mengakhiri kasus ini. MJ juga mengatakan pernyataan bahwa:

As you may already know, after my tour ended I remained out of the country [US] undergoing treatment for a dependency on pain medication...There have been many disgusting statements made recently concerning allegations of improper conduct on my part. These statements about me are totally false...I will say I am particularly upset by the handling of the mass matter by the incredible, terrible mass media. At every opportunity, the media has dissected and manipulated these allegations to reach their own conclusions. I ask all of you to wait and hear the truth before you label or condemn me. Don't treat me like a criminal, because I am innocent. I have been forced to submit to a dehumanizing and humiliating examination...It was the most humiliating ordeal of my life...But if this is what I have to endure to prove my innocence, my complete innocence, so be it.

Michael Jackson
Pada kalimat yang gue gede-in tulisannya, dia bilang untuk menunggu dan lihat nanti kebenarannya. Tuhan Maha Adil. Walaupun MJ telah meninggal, beberapa hari kemudian Jordan Chandler mengaku bahwa MJ tidak pernah melakukan sexual abuse padanya dan semua itu hanya fitnah yang dibuat Evan Chandler karena mau menjatuhkan nama MJ. Hal itu diungkapkan Jordan dengan bukti rekaman tersembunyi ayahnya yang sedang merencanakan hal busuk ini. Gak percaya? Check out this video and blog! Hard to believe? Fitnah ini bener-bener terlalu dan fatal. Yeah, after all Jordan had confess it cause back there Jordan was a little kid who forced by his father to lied and see? Raja Pop Legendaris ini memang innocent dan dia membuktikan ke-innocent-annya walaupun dia udah ga ada di dunia. Berbagai masalah, tuduhan, menimpa MJ, tapi hebatnya dia masih punya fans yang setia bahkan berjuta-juta umat menangis untuk dia ketika dia pergi.

Michael diduga meninggal akibat overdosis pada obat yang tiap hari disuntikkan kepadanya untuk kulitnya.
I just wish he's still here but I bet he's happy now, cause after all the good things he did in this world, he will be okay in the side of God. Setiap lagunya punya meaning masing-masing dan bener-bener buat kita ngerasa nyaman. He really care about people in the entire word and the world crisis, he made many of world crisis songs and one Heal The World is one of it...



Heal the world buat gue mengajak kita ya untuk peduli dan memperbaiki dunia. Hey, the world won't heal it self, the world need our help.

Malem 2 hari yang lalu (malam sabtu) gue denger prambors sampai jam 00.00 karena mereka mainin semua lagu MJ dan gue nyesel ga dateng ke acara tribute to Michael Jackson di Kemang jam 00.00 karena gue juga baru tau pas waktu itu. Kalau tau dari lama gue bakal dateng. Emang rasanya baru kemarin deh dia ada dan sekarang udah pergi lagi. Yeah that's life, everyone have their own time and we don't know when or where will it comes. Sekarang yang harus kita lakukan yaitu buat yang terbaik karena hidup cuma sekali dan bumi selalu berputar. These songs down there are my favorite and you know, sometimes it could make you feel better.
Lagu Smile di atas membuat gue memiliki keinginan untuk merubah sikap gue dan be more mature. Lagu Smile juga apa yang selalu Michael lakukan. Biarpun dia selalu dituding dan disalahkan, difitnah dan dihina, dia akan selalu menyimpan apa yang dia rasakan dan membalas segala sakit hatinya dengan senyum, bukan dendam. Semua itu membuat lebih baik dan mengalah bukan berarti kalah. Juga Man In The Mirror yang nunjukin bahwa kalau mau ngerubah dunia gausah repot ngurusin orang lain, mulai dari diri sendiri dengan ngerubah dari hal-hal kecil. That's meaningful!

Light up your face with gladness
Hide every trace of sadness
Although a tear may be ever so near
That's the time you must keep on trying
Smile, what's the use of crying
You'll find that life is still worthwhile
If you just...
Smile... (Smile - Michael Jackson)


If you wanna make the world a better place
Take a Look at Yourself, and then make a change (Man in the Mirror - Michael Jackson)

Semua lagu Michael Jackson nggak terdengar kuno walaupun itu lagu udah puluhan tahun yang lalu, karena, his music will live forever.
Well, kayaknya gue udah gak bisa bilang apa-apa lagi karena nggak cukup segini aja untuk mendeskripsikan hidup seorang Michael Jackson.

Good bye Mr Michael Jackson... Rest In Peace and God bless you and us all, no one in this world could replace you, Jacko and you'll never be forgotten. Michael Jackson emang udah gak akan bisa ngehibur dunia lagi dengan moonwalk andalannya but his legacy will stay alive and we can always feel him and feel his legacy, he'll always stay in my heart. No... In everyone's heart in the entire world. Because, he's the King of Pop, he's Legendary, he's an icon, and he's Michael Jackson... :) LOVE YOU! ALWAYS!!!!





Long Live!
"King of Pop"
Michael Joseph Jackson
1958/2009
His Music Live Forever
&
Forever Moonwalker




-Raya Rinaldi

0 comments:

Post a Comment